Bellissime Stelle ^^

Appreciating the Smallest Imagination

A Journey to Pelabuhan Ratu Juni 8, 2010

Filed under: Uncategorized — arcturusarancione @ 12:59 AM

Hmmm…

Pernahkah kalian berkunjung ke Pelabuhan Ratu?

Pasti yang ada di pikiran kalian adalah pantai yang berada di Jawa Barat bagian selatan, dengan mitos-mitos yang menyertainya..

Namun Pelabuhan Ratu tak hanya sekardar daerah yang menyuguhkan atmosfer laut lepas, tetapi daerah ini juga memiliki keunikan landform lainnya..

Mau tahu indahnya Pelabuhan Ratu? Yuk kita tengok Field trip Mata Kuliah Geomorfologi dan Analisis Lanskap tahun 2010 yang dilaksanakan tanggal 4 Juni lalau oleh Departemen Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan IPB angkatan 45…

Me and my boy

Lanjut…!!!

Pelabuhan Ratu merupakan salah satu landform pantai yang terletak di bagian selatan Jawa Barat.  Landform pantai tersebut terbentuk dari aktivitas tektonik sekaligus vulkanisme. Aktivitas tektonik pada pantai pelabuhan ratu dikatagorikan “Active Margin”, yang terletak pada perbatasan antara lempeng Eurasia dengan lempeng Indo-Australia. Batas tersebut merupakan suatu zona subduksi; yang dicirikan oleh adanya tebing-tebing disepanjang garis muka air, paparan benua yang sempit, dan berhadapan langsung dengan laut lepas yang dalam (Samudra Hindia). Aktivitas vulkanisme dicirikan dengan adanya bentukan karang di tepi pantai berupa batuan masif yang keras. Karang ini terjadi dari aktivitas aliran lava dan mikroorganisme. Sehingga batuan-batuan yang mulanya terpisah, bergabung menjadi satu. Pantai Pelabuahn Ratu sangat potensial untuk dijadikan objek pariwisata karena pantainya yang indah serta potensi biota laut di dalamnya, seperti terumbu karang. Selain itu dalam bidang ekonomi, pantai yang langsung menghadap ke samudra ini dapat dimanfaatkan sebagai zona perikanan, yang dapat praktikan amati dengan banyaknya kapal nelayan serta pembudidayaan ikan di tengah laut.

Tak hanya geomorfologi pantai, landform karst juga ditemui oleh praktikan selama perjalanan menuju ke Pelabuhan Ratu. Landform karst tersebut terbentuk dari batuan sedimen berupa batu kapur yang mengalami pengangkatan dari dasar laut dan kemudian mengalami proses solusional (pelarutan) hingga terbentuk landform seperti sekarang ini. Daerah Karst tersebut berupa bukit kapur yang menjulang pada ketinggian 300 m dpl, dan dimanfaatkan dalam pertambangan. Pertambangan kapur tersebut telah merusak landform ini, namun dilain pihak mendatangkan keuntungan bagi manusia. Kapur-kapur tersebut dapat dimanfaatkan untuk dijual sebagai bahan bangunan.

Setelah landform karst, terdapat pula “Lava Doom”, yang terbentang di jalan raya Pelabuhan ratu km 9. Lava Doom ini terbentuk dari batuan beku ekstrusif, dengan proses pendinginan relative cepat. Hal tersebut terlihat dari bentuk batuan yang membeku membentuk prisma silindris tidak sempurna. Landform ini dapat dimanfaatkan sebagai objek wisata, sekaligus penelitian.

Tak hanya itu, Pelabuhan Ratu Juga menyuguhkan landform menarik lainnya, yakni berupa geotermal. Geotermal ini terletak di Cipanas, berupa semburan air panas dari dalam perut bumi. Air panas yang dikeluarkan mengandung sulfur dan memiliki temperatur rata-rata 70°C. Oleh sebab itu banyak orang yang datang untuk melalukan pengobatan, terutama pengobatan penyakit kulit selain sekadar berwisata ke Cipanas. Semburan air yang diciptakan dari proses geotermal ini ditenggarai sebagai salah satu pembangun dari awal mula kehidupan di bumi, yaitu mikroorganisme. Air yang dihasilkan dari proses ini seperti sup purba yang berisi senyawa-senyawa pembentuk makhluk hidup. Hal ini dapat dicirikan dari adanya organisme sederhana seperti ganggang dan lumut yang tumbuh di sekitar semburan geothermal tersebut.

 

One Response to “A Journey to Pelabuhan Ratu”

  1. Edit R Yusuf Says:

    Cukup baik, terus kembangkan ilmu mu, jadilah seorang peneliti yang membanggakan. Maju terus……………..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s